Featured Post

Dari Aplikasi Super Hingga Solusi Penyimpanan Data Hadir di DTI-CX 2024

 

Digital Transformation Indonesia Conference & Expo DTI-CX 2024


Konferensi dan pameran transformasi digital terbesar di Indonesia; Digital Transformation Indonesia Conference & Expo (DTI-CX) digelar untuk ketiga kalinya.  


DTI-CX 2024

Acara yang diadakan di Jakarta Conventon Center ini berlangsung selama dua hari (31 Juli – 1 Agustus 2024). DTI-CX 2024 dibuka secara resmi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Budi Arie Setiadi. 

Menkominfo Budi Arie menyoroti pentingnya transformasi digital, mengingat teknologi digital memainkan peran kunci meningkatkan efisiensi di berbagai sektor, serta menjadi pilar esensial dalam pembangunan ekonomi nasional.

DTI-CX 2024 mencakup berbagai sektor industri termasuk pemerintahan, jasa keuangan, telekomunikasi, manufaktur, dan lainnya. Dihadiri lebih dari 11 ribu pengunjung, DTI-CX 2024 menghadirkan total 79 peserta pameran. 

Peserta ekspo meliputi bidang Core and Infrastructure yakni Fiber Tower, ISP & Telco Tech, dan Data Center Tech). Juga hadir delegasi dari bidang Sofware and Application mencakup Cyber Security, AI, Big Data & Machine Learning, Enterprise Solution, dan Data Management.  


aplikasi super sapawarga jawa barat


Sapawarga 

Dari bidang Software and Application aspek AI, Big Data & Machine Learning, hadir aplikasi super Sapawarga. Aplikasi layanan publik digital yang dikembangkan  Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini dirancang untuk memudahkan warga Jawa Barat mengakses berbagai layanan publik, mendapatkan informasi terkini, dan menyampaikan aspirasi. 

Kahfi dari Sapawarga Jabar Super App membeberkan fitur andalan aplikasi yang sudah diunduh lebih dari dua juta pengguna ini. Fitur tersebut antara lain Layanan Pajak Kendaraan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dan Aduan Warga. 

“Warga di Jawa Barat bisa bayar pajak tanpa harus datang. Kita juga membantu PPDB anak sekolah SMK/ SMA. Kita kerja sama dengan 27 kabupaten-kota (18 kabupaten dan 9 Kota-red) untuk laporan kalau ada jalan rusak, pohon tumbang,” sebutnya.      

Sapawarga juga berperan, lanjut Kahfi, ketika pandemi merebak. Terintegrasi dengan PIkobar, Sapawarga memberikan informasi okupansi rumah sakit. layanan vaksin serta teknologi AI yang bisa membantu pengecekan kesehatan. Ke depan, Sapawarga mengembangkan layanan ticketing  untuk acara lokal, yang paling anyar Jambore Trai Run 2024 di Sari Ater.    


Synology Network Attached Storage/ NAS

 

Synology 

Dari lini Core & Infrastructure yakni Data Center Tech, hadir booth Synology. Synology merupakan perusahaan penyedia solusi penyimpanan data terpasang ke jaringan (Network Attached Storage/ NAS). Produk Utama Synology lainnya yakni Surveillance, Networking, Router Cloud, dan Backup dan Recovery.

Country Manager Indonesia dari Synology Clara Hsu menjelaskan keandalan Synology menghadapi ransomware. 

“Untuk pencegahan serangan ransomware, kita sediakan two-factor authentication. Kedua, kita ada fitur keamanan; firewall, anti-virus, dan auto-block,” bebernya 

Perusahaan yang berbasis di Taiwan ini mendukung enkrispsi dan immutable back up. Apabila terjadi skenario terburuk yang tidak terhindarikan dan terserang, Synology mengingatkan pencegahan lewat solusi backup berlapis. Prinsip aturan pencadangan 3-2-1. Simpan 3  salinan data. Simpan salinan data pada  2  perangkat atau jenis media yang berbeda, dan  1  salinan data di luar lokasi.   



Optictimes

Dari spektrum Core & Infrastructure, khususnya fiber tower, hadir Optictimes. Memiliki headquarter di Hangzhou, China, PT Optic Times Teknologi Indonesia menyediakan penelitian, pengembangan, manufaktur, penjualan, serta solusi FTTH (fiber-to-the-home), Gigabit Ethernet Passive Optical Network (GEPON), dan Community Antenna Television (CATV). Sales Executive PT Optic Times Teknologi Indonesia Dedi Lembong menjelaskan lebih lanjut. 

”Kami men-support para pemain ISP (Internet Service Provider-red) atau FLP (fiber lease provider-red) dalam pengembangan proyek FO dan FTTH di seluruh Indonesia,” ujarnya.   

Rekanan PT Optic Times Teknologi Indonesia termasuk MNC, Moratelindo, MyRepublic, PT Alita, MVNet, dan beberapa ISP atau FLP lainnya.  


Adhouse Clarion Events

Peserta pameran lainnya, dari bidang Sofware and Application aspek Enterprise Solution, menyebutkan beberapa, ada Solusi Pembayaran Elektronik (SPE) dengan produknya termasuk CRING! yang memantau, mengelola Cash-In dan Cash-Out secara realtime. serta Vena Supply Chain Indonesia. 

Hadir juga UNCAL Digital Technology, dan Elo Digital Office. Layanan utama UNCAL DT mencakup Enterprise Service Bus (ESB), Business Intelligence (BI), serta Pelatihan dan Konsultasi.

ELO Office merupakan perangkat lunak manajemen dokumen (Document Management System atau DMS) yang berfungsi untuk menyimpan, mengatur, dan mencari dokumen secara lebih efisien, dan mengurangi ketergantungan pada dokumen fisik.

Adhouse Clarion Events selaku Penyelenggara DTI-CX 2024, lewat Presiden Direktur Toerangga Putra menyampaikan, DTI-CX 2024 menjadi platform untuk inovasi, berbagi, dan kolaborasi dengan mendorong transformasi digital yang inklusif bagi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan. 

Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) Sarwoto Atmosutarno, mengatakan, DTI-CX 2024 menjadi momentum peluang besar semua pihak untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, menampilkan produk dan solusi inovatif digital yang mengatasi berbagai tantangan ICT di sektor-sektor penting lainnya di Indonesia.  

HOST DTI-CX 2024 antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), Masyarakat lelematika Indonesia (MASTEL), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)). bersama CO-HOST: Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL), Asosiasi Pengembang Infrastruktur dan Menara Telekomunikasi (ASPIMTEL), dan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI). 

DTI-CX 2024 didukung 24 Asosiasi antara lain APTIKNAS, ASBANDA, ACHI, APJATEL, AFTECH, APGI, INTI, AMVESINDO, ASIOTI, BritCham Indonesia, ASKOMPSI, ASPAKRINDO), GDP Venture, GAPMMI, FORDIGI BUMN, AISKINDO, IAIS, ASPERINDO, Jakarta Smart City, AKEN, AFPI), WANTIKNAS, PANDI, dan APEKSI.

DTI-CX 2024 menggelar berbagai kegiatan, antara lain High-Level Conference, Exhibition, Product Demonstration, Business Matching, VIP Power Lunch, serta Technical Workshop. Digital Transformation Indonesia Conference & Expo (DTI-CX) juga menghadirkan lebih dari 30 sesi konferensi industri bersama 200 pembicara. 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini